- Informasi Ilmiah

Tulang Rahang Manusia Zaman Es Ditemukan di Indonesia

Tulang Rahang Manusia Zaman Es Ditemukan di Indonesia Sebuah tim arkeolog internasional udah mendapatkan tulang rahang manusia di sebuah gua bernama Leang Bulu Bettue di Sulawesi barat daya, Indonesia.

Tulang Rahang Manusia Zaman Es Ditemukan di Indonesia

Ploslabs – Tulang adalah tanda pertama keberadaan manusia di Zaman Es atau Pleistosen Sulawesi.

Tulang rahang, yang tetap lengkap bersama gigi berikutnya, berumur pada 25.000 dan 16.000 tahun. Setelah itu, tim ilmuwan tidak sanggup pilih type kelamin atau umur tiap-tiap pemilik tulang tersebut.

Baca Juga : 5 Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Menurut catatan sejarah, Asia Tenggara miliki arsip manusia luar biasa yang tersimpan di gua-gua batu kapur.

Umumnya. Baru-baru ini, pulau-pulau di Filipina dan Indonesia udah jadi tuan rumah penemuan kerabat manusia Homo floresiensis dan Homo luzonensis yang udah punah.

Di era lalu, Hominini melakukan perjalanan ke pulau-pulau, tinggal di gua-gua, dan diyakini udah dilukis di dinding gua, yang sekarang dikenal sebagai lukisan gua kuno.

Bulan lalu, tim lain melaporkan bahwa bahan genetik ditemukan di kerangka 7.000 tahun yang lalu. Di Sulawesi, seorang wanita berusia 18 tahun diidentifikasi.

Baca Juga : Google Siapkan Update Android 12.1, Berikut Fiturnya

Tulang rahang yang baru-baru ini dilaporkan berada sebelum akan puing-puing kerangka.

Penemuan ini udah mendorong lagi keberadaan Homo sapiens di Sulawesi selama ribuan tahun. Namun, terlampau disayangkan bahwa asal-usul individu tidak sanggup dipahami dikarenakan tulang yang ditemukan tidak lengkap.

Namun, para ahli yakin bahwa tulang rahang jadi dewasa dikarenakan erupsi gigi bungsu. Sebuah tim ilmuwan berusaha untuk mengklarifikasi lebih banyak perihal spesies dalam penggalian di era depan.