- Berita Ilmu Pengetahuan

Terra Drone Buat Sistem Pengawasan Menggunakan Drone Berteknologi AI

Terra Drone Buat Sistem Pengawasan Menggunakan Drone Berteknologi AI Terra Drone Indonesia dan Program Riset Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara (Binus) Kampus Bandung telah bekerjasama dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) khususnya computer vision (drone security monitoring) untuk aplikasi monitoring keamanan menggunakan drone.

Terra Drone Buat Sistem Pengawasan Menggunakan Drone Berteknologi AI

Ploslabs – Michael Wisnu Wardhana, CEO Terra Drone Indonesia, mengatakan pengembangan AI aplikasi drone ini ditargetkan untuk mengidentifikasi dan merekam objek yang ditangkap oleh video udara yang disita dari drone, terutama dalam konteks target keamanan. Dikatakannya, hal itu dilakukan secara bersama-sama.

Baca Juga : Indosat Ooredoo Hadirkan solusi iSOC Security

Michael Wishnu Wardana mengatakan bahwa gaya AI yang dikembangkan nantinya dapat digunakan oleh tim Terra Drone Indonesia dan pelanggan area kerja untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek yang terdeteksi oleh drone, sehingga objek tersebut menimbulkan pose tambahan. Dia mengatakan dia bisa menyelidiki lebih lanjut. Ancaman keamanan. Atau tidak. Model AI juga membantu mengurangi risiko kesalahan selama penerbangan drone dan beban kerja operator.

Penelitian ini diawali dengan pesatnya pertumbuhan aplikasi pengguna drone di bidang keamanan dan pertumbuhan AI khususnya computer vision yang dapat membantu operator drone dalam mengidentifikasi objek sasaran. Hasil pengembangan ini nantinya akan tersedia bagi pelanggan Terra Drone Indonesia di berbagai sektor industri yang perlu menggunakan drone untuk tujuan pemantauan yang ditargetkan atau keamanan.

Baca Juga : Aqua Luncurkan Produk Dengan Fitur Penunjang Kesehatan

Michael Wishnu Wardana juga menyampaikan bahwa Terra Drone Indonesia sangat dimiliki bersama dengan harapan dapat menghubungkan kampus sebagai institusi akademik dengan industri sehingga dapat membangun hubungan yang saling menguntungkan. Saya sedang mengevaluasinya. Kedepannya banyak hal yang bisa dikembangkan dari AI dan security monitoring drone, seperti real-time & onboard processing serta flight path adjustment berdasarkan trend discovery.

Survei akan dilakukan di Kota Bandung mulai akhir Juli hingga akhir Oktober 2021 dan tahap pertama akan dimulai awal November 2021.