- Berita Kesehatan

Ramai Soal Obat Covid “Molnupiravir”, Dokter : Kita Tunggu Hasil Uji Klinis

ploslabs – Media sosial ramai dengan obat molnupiravir, yang dikatakan sebagai pengobatan efektif untuk Covid-19. Menurut laporan, obat tersebut telah menjalani uji klinis fase kedua dalam studi yang dilakukan oleh Merck dan Ridgeback Biotherapeutics di Amerika Serikat dan Kanada.

Ramai Soal Obat Covid “Molnupiravir”, Dokter : Kita Tunggu Hasil Uji Klinis

Perusahaan mengumumkan hasil awal uji coba Ridgeback Phase 2a acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo untuk mengevaluasi keamanan, tolerabilitas, dan kemanjuran molnupiravir untuk menghilangkan RNA virus SARS-CoV-2.

Menanggapi ramai berita, Zubairi Djoerban, ketua satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), mengatakan bahwa tidak ada cukup bukti bahwa molnupiravir dapat mengobati Covid-19. Ia mengajak masyarakat untuk terus menunggu selesainya uji klinis.

Zubari mengatakan, Rabu (14/4): “Meski harapan tinggi, namun bukti ilmiah tetap dibutuhkan. Padahal, belum ada bukti ilmiah.”

Mulnopiravir sendiri adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh Merck dan Ridgeback Biotherapeutics. Obat tersebut menarik banyak perhatian karena telah diuji untuk melawan virus corona penyebab Covid-19.

Obat ini merupakan lanjutan dari Zubairi dan merupakan produk dari n4-hydroxyretinin Analog nukleotida ini telah dipelajari secara ekstensif dalam beberapa dekade terakhir.

Pada dasarnya obat ini bekerja dengan cara menghambat replikasi virus di dalam tubuh. Obat tersebut mengganggu proses replikasi, sehingga virus tidak akan terus berkembang.

Zubairi menjelaskan: “Pada intinya, obat ini membuat replikasi RNA pada virus mengalami kesalahan. Akhirnya replikasi berjalan salah, dan akhirnya tidak akan membentuk virus yang efektif yang dapat menyebabkan penyakit.”

Senada, dokter spesialis pulmonologi, Erlang Samoedro sependapat, sebaiknya masyarakat menunggu dulu hasil uji klinis.

“[Molnupiravir] sedang diuji. Ya, kami tunggu hasilnya [uji klinis],” kata Erlang.

About publisher

Read All Posts By publisher