- Berita Kesehatan

Mimisan Bisa Jadi Tanda Tekanan Darah Tinggi ?

Mimisan Bisa Jadi Tanda Tekanan Darah Tinggi ? Mimisan biasanya bukan kondisi serius dan hanya memerlukan perawatan di rumah. Karena mimisan biasanya disebabkan oleh kelelahan dan demam.

Mimisan Bisa Jadi Tanda Tekanan Darah Tinggi ?

Ploslabs – Mimisan terus-menerus dapat terjadi hampir bersamaan dengan tekanan darah tinggi. Mengabaikan kondisi ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan serius lainnya.

Baca Juga : Aliran Filsafat yang Memengaruhi Pola Pikir Manusia

Mimisan dapat terjadi pada siapa saja, tetapi paling sering terjadi pada kelompok orang berikut:

  • Anak-anak berusia 2-10 tahun
  • induk
  • Ibu hamil
  • Orang yang memakai antikoagulan seperti aspirin dan antikoagulan
  • Orang dengan kasus pembekuan darah seperti hemofilia

Di sisi lain, hubungan antara hipertensi dan epistaksis tetap menjadi topik perdebatan kronis oleh para dokter dan ilmuwan. Tidak diketahui bahwa tekanan darah tinggi secara langsung menyebabkan epistaksis. Namun, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah merusak pembuluh darah di hidung.

Baca Juga : Dampak Merokok dalam Ruangan Lebih Parah Daripada Asap Knalpot

studi th. Pada tahun 2020, 35.749 peserta menemukan bahwa orang dengan riwayat tekanan darah tinggi berisiko mengalami epistaksis yang lebih parah dan memerlukan perhatian medis.

Menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi bukanlah penyebab mimisan jika tingkat tekanan darah terlalu tinggi. Krisis hipertensi adalah lonjakan tiba-tiba tekanan darah di atas 180/120 mm Hg yang sanggup sebabkan ancaman bagi jiwa.

Ketika tekanan darah mencapai atau melebihi tingkat ini, risiko serangan jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan masalah kesehatan mata meningkat secara signifikan.

Sering mimisan bisa berarti tekanan darah tinggi karena pembuluh darah di hidung rusak ringan. Gejala lain dari tekanan darah termasuk sakit kepala, pusing, sesak napas, nyeri dada, mual, kebingungan, dan kecemasan yang parah.