- Informasi Ilmiah

Kenapa Suara Kita Berbeda Kalau Direkam? Ini Alasan Ilmiahnya

Kenapa Suara Kita Berbeda Kalau Direkam? Ini Alasan Ilmiahnya –  Pernahkah Anda mendengarkan rekaman suara Anda sendiri dan merasa geli, benci, bahkan jijik dengan “Kok bisa ada suara seperti itu?” Ternyata banyak orang yang mengalami hal ini, dan ada penjelasan ilmiah di baliknya.

Kenapa Suara Kita Berbeda Kalau Direkam? Ini Alasan Ilmiahnya

ploslabs – Neel Bhatt, Asisten Profesor Otolaryngology, UW Medicine, University of Washington, menyatakan: “Sebagai ahli bedah yang berspesialisasi dalam merawat pasien dengan masalah suara, ia sering merasa bahwa hampir semua pasiennya merasa tidak nyaman mendengar rekaman suara mereka sendiri.

Menurut Bhatta, ketidaknyamanan yang kita alami saat mendengar suara dan rekaman audio kita sendiri mungkin disebabkan oleh kombinasi fisiologi dan psikologi.

“Pertama, suara rekaman audio dikirim ke otak secara berbeda dari suara yang dihasilkan saat Anda berbicara,” tulis Bhatt

Dia menjelaskan bahwa ketika Anda mendengarkan rekaman suara Anda sendiri, suara itu bergerak melalui udara dan masuk ke telinga, yang kita sebut saluran udara. Energi suara menggetarkan kaki gendang dan daun telinga kecil. Nodul ini kemudian mengirimkan getaran suara ke koklea, yang merangsang akson saraf, yang mengirimkan sinyal pendengaran ke otak.

Baca Juga : Terobosan Perawatan Kulit Berbasis Ilmu Pengetahuan Lewat Skin Academy

Namun, saat kami berbicara, suara itu mencapai telinga bagian dalam dengan kecepatan yang berbeda. Sementara beberapa suara dibawa oleh saluran udara, sebagian besar suara dibawa secara internal melalui tengkorak.

Ketika kita mendengar suara kita sendiri saat kita berbicara, itu karena campuran konduksi eksternal dan internal, dan konduksi tulang internal tampaknya berkontribusi pada frekuensi rendah.

“Untuk alasan ini, ketika orang berbicara, orang cenderung melihat suara mereka lebih dalam . Sebagai perbandingan, suara yang direkam mungkin terdengar kurang tebal dan lebih keras,” jelasnya.

Baca Juga : Pengguna Harddisk WD My Book Live di Seluruh Dunia Tiba-tiba Kehilangan Semua Data

Alasan kedua, pendengaran kita menemukannya sebagai nada baru yang menunjukkan perbedaan persepsi tentang diri kita dalam kenyataan. Karena suara setiap orang adalah unik dan merupakan komponen identitas yang penting, ketidaksesuaian antara persepsi diri dan kenyataan ini dapat terganggu. Tiba-tiba Anda memperhatikan bahwa orang lain telah mendengar suara-suara ini selama ini.

“Saya pikir alasan mengapa banyak dari kita benci mendengar suara kita sendiri bukan karena suara yang direkam lebih buruk daripada suara yang kita lihat. Sebaliknya, kita lebih terbiasa mendengarkan diri sendiri ketika mengambil langkah yang berbeda,” kata Bhatt.

Sebuah studi diterbitkan pada th. 2005, yang mengharuskan pasien dengan masalah suara untuk mengevaluasi suara mereka sendiri selama pemutaran dengan rekaman audio. Mereka juga ingin dokter mengevaluasi suaranya.

Para peneliti menemukan bahwa pasien biasanya menilai suara mereka lebih negatif ketika mereka mendengar kaset daripada penilaian objektif dari dokter mereka.

“Jadi, kecuali jika Anda menghina suara Anda sendiri yang Anda dengar di rekaman audio, Anda mungkin melebih-lebihkan dan menjadi sangat kritis terhadap diri sendiri.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *