- Berita Kesehatan

Kenali Gejala Penggumpalan Darah Dan Cara Mencegah nya

Kenali Gejala Penggumpalan Darah Dan Cara Mencegah nya

ploslabs – Penggumpalan darah biasanya disebabkan oleh agregasi berbagai protein dan trombosit. Oleh karena itu, jika Anda merasa mengalami penggumpalan darah, Anda harus mencari pertolongan medis.

Menurut NHS, pembekuan darah bisa menjadi sangat serius dan membutuhkan perawatan segera. Gumpalan tersebut menyumbat pembuluh darah, sehingga menyulitkan darah untuk masuk ke dalam tubuh.

Dalam kebanyakan kasus, pembekuan darah biasanya berkembang di kaki, tetapi bisa juga terjadi di lengan. Sekitar 10% dari semua kasus pembekuan darah berkembang di lengan.

Sayangnya, menurut laporan Express, situasi ini seringkali tidak terdeteksi. Lebih dari separuh gumpalan darah di lengan benar-benar tanpa gejala.

Berikut tanda tanda penggumpalan darah di lengan

  • Lengan akan membengkak
  • Kram di lengan
  • Lengan lebih lembut saat disentuh
  • Sentuhan hangat
  • Bagian lengan yang menggumpal akan berwarna merah atau biru

NHS menjelaskan: “Gumpalan darah terbentuk ketika sel-sel darah yang disebut trombosit dan berbagai protein menyebabkan darah menggumpal menjadi massa setengah padat.”

Bergantung pada penyebabnya, pembekuan darah di lengan dapat diklasifikasikan sebagai primer atau sekunder. Jika Anda didiagnosis dengan bekuan darah di lengan Anda, tujuan utama pengobatan adalah untuk menghentikan pertumbuhan bekuan darah, meredakan gejala dan mencegah bekuan darah berpindah ke bagian lain dari tubuh.

Dia menjelaskan: “Jika perawatan ini tidak menyelesaikan masalah, atau jika bekuan darah menjadi lebih besar, dokter mungkin menyarankan untuk menghilangkan bekuan darah tersebut.”

Jika Anda mengalami pembekuan darah, komplikasi yang paling berbahaya adalah emboli paru. Emboli paru adalah bagian dari bekuan darah yang pecah dan masuk ke paru-paru.

Dari semua pasien koagulasi, sekitar sepertiga akan mengembangkan emboli paru, yang bisa berakibat fatal. Jika Anda tiba-tiba merasakan sesak napas atau nyeri dada, segera hubungi dokter Anda.

Bagaimana mencegahnya

Cara terbaik untuk mencegah pembekuan darah di lengan Anda adalah dengan tetap aktif dan berolahraga secara teratur. Setiap orang harus melakukan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang setiap minggu.

Anda juga harus berusaha menjaga berat badan yang sehat dan menghindari duduk dalam posisi yang sama terlalu lama.

Jika Anda khawatir atau mencurigai adanya tanda-tanda penggumpalan darah di tubuh Anda, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

About publisher

Read All Posts By publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *