- Berita Kesehatan

Kemenkes Menyayangkan Rendahnya Peserta Vaksinisasi Lansia

ploslabs – Juru bicara Kementerian Kesehatan Sisi Nadia Tarmizi yang menerima vaksinasi Covid-19 menyayangkan rendahnya partisipasi warga di atas 60 tahun atau lansia pasca vaksinasi Covid-19. Padahal, menurut dia, angka kematian lansia akibat Covid-19 masih sangat tinggi.

Kemenkes Menyayangkan Rendahnya Peserta Vaksinisasi Lansia

Nadia mengatakan pada konferensi pers online pada hari Selasa (30/3): “Kami menemukan bahwa tingkat partisipasi lansia masih sangat rendah. Faktanya, kami tahu bahwa tingkat morbiditas dan mortalitas orang di atas 60 tiga kali lebih tinggi daripada kelompok usia lainnya.

Hingga pukul 12.00 Selasa (30/3), Kementerian Kesehatan mencontohkan baru sekitar 1,5 juta orang yang sudah divaksinasi lansia. Angka ini hanya 7,6% dari target vaksinasi yang harus dilaksanakan untuk lansia sebanyak 21 juta jiwa.

Dibandingkan dengan dua kelompok prioritas penerima vaksin lainnya (petugas kesehatan dan petugas layanan publik), jumlah ini juga yang paling rendah. Jumlah tenaga kesehatan yang divaksinasi pada hari yang sama mencapai 1,4 juta atau mencapai 97,65% dari target.

Pada saat yang sama, 4,7 juta staf medis tercatat telah divaksinasi. Angka ini menyumbang 27,55% dari total 17,3 juta target vaksinasi pada kelompok ini.

Nadia berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam proses vaksinasi lansia. Ia meminta masyarakat mengajak anggota keluarga, tetangga, dan kerabat pada kelompok lanjut usia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menurut dia, hal itu karena mereka mungkin belum mengetahui proses vaksinasi untuk kelompok masyarakat tersebut.

Nadia berkata: “Mungkin informasi atau sosialisasi kami secara elektronik, bahkan proses pendaftaran kami tidak lebih dari 60 tahun.”

Selain itu, Nadia juga mengungkapkan bahwa pemerintah telah mempermudah proses vaksinasi bagi lansia. Pihaknya telah membuka banyak pusat vaksinasi untuk kelompok lanjut usia. Mereka bisa mendapatkan vaksinasi dengan membawa identitas hanya berupa KTP setelah registrasi online.

Ia mengatakan: “Pemerintah juga telah mendorong proses vaksinasi untuk orang berusia di atas 60 tahun dengan menyediakan pusat vaksinasi di banyak kota di Indonesia.”

About publisher

Read All Posts By publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *