- Berita Ilmu Pengetahuan

Kandungan Metamfetamin di Sungai Bisa Bikin Ikan Kecanduan?

Kandungan Metamfetamin di Sungai Bisa Bikin Ikan Kecanduan? Studi terbaru menunjukkan bahwa proporsi metamfetamin (shabu-shabu) yang menumpuk di air sungai sebenarnya dapat meracuni ikan. Bagaimana dengan ceritanya?

Kandungan Metamfetamin di Sungai Bisa Bikin Ikan Kecanduan?

ploslabs – Penelitian berikut dilakukan oleh Tim Peneliti Ekologi Perilaku di Universitas Ilmu Kehidupan Ceko di Praha, Republik Ceko. Kami menggunakan ikan trout coklat sebagai subjek survei.

Baca Juga : Ivermectin Belum ada Kesimpulan sebagai Obat Covid-19

Sebanyak 40 ikan trout dipelajari. Ikan-ikan tersebut ditempatkan di kolam yang berisi air yang mengandung sabu. Tingkat kandungan serupa dengan yang ditemukan dalam sampel air sungai setempat.

Empat puluh ikan trout dibiakkan selama 8 minggu. Ikan kemudian dipindahkan ke kolam dengan air bersih. Ternyata, ikan yang disimpan di air metamfetamin itu kecanduan.

Mereka tampaknya menderita dan lebih memilih air yang mengandung metamfetamin daripada air bersih. Para peneliti juga membedah otak ikan yang kecanduan dan menemukan jejak obat di sana 10 hari setelah terpapar.

Kandungan sabu di sungai itu ditemukan berasal dari sampah yang masuk ke sungai. Mungkin karena urin pengguna narkoba.

Baca Juga : Video Call Telegram Bisa Muat 1.000 Orang

Dr Hawkey khawatir bahwa kecanduan narkoba akan menyebabkan ikan ini menghabiskan lebih banyak waktu di dekat area pengolahan limbah. Ini jelas tidak sehat bagi mereka.

Menurut Dr. Hawkey, kecanduan narkoba pada hewan terbukti lebih kuat daripada kecanduan benda-benda alam seperti kawin dan mencari makan.