- Berita Kesehatan

Inilah Gejala Yang Terjadi Jika Manusia Kekurangan Vitamin B12

Inilah Gejala Yang Terjadi Jika Manusia Kekurangan Vitamin B12 – Kekurangan vitamin B12 sangat umum terjadi. Kenali sederet gejala kekurangan vitamin B12 pada manusia. Vitamin B12, juga dikenal sebagai cobalamin, adalah vitamin penting yang larut dalam air. Vitamin ini berperan penting dalam produksi sel darah merah dan fungsi normal sistem saraf.

Inilah Gejala Yang Terjadi Jika Manusia Kekurangan Vitamin B12

Vitamin ini secara alami ditemukan pada produk hewani. Jenis roti dan susu nabati tertentu juga mengandung vitamin B12.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin B12 dari makanan, Anda berisiko mengalami kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 sering terjadi pada kelompok lanjut usia.

Sayangnya, tanda-tanda kekurangan vitamin B12 membutuhkan waktu lama untuk muncul. Ini membuat proses diagnosis menjadi agak rumit.

Berikut ini gejala yang terjadi jika kekurangan vitamin B12.

Baca Juga : Yuk Kenali Kondisi Kesehatan Melalui Warna Kotoran Telinga

1. Kulit pucat

Kulit dan mata pasien dengan defisiensi B12 mungkin tampak pucat atau kekuningan. Mengutip Healthline, kulit pucat ini muncul akibat kekurangan vitamin B12 yang bisa menyebabkan masalah pada produksi sel darah merah. Kekurangan sel darah merah membuat kulit tampak pucat.

2. Kelelahan

Kelelahan adalah tanda yang paling umum. Kelelahan ini disebabkan karena kekurangan vitamin B12 yang terkandung di dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke dalam darah. Kondisi ini kemudian membuat badan terasa lemas.

3. Kesemutan

Kerusakan saraf adalah efek samping yang lebih serius dari kekurangan vitamin B12. B12 adalah kontributor penting pada jalur metabolisme yang menghasilkan mielin. Mielin adalah cara melindungi saraf. Tanpa B12, produksi mielin akan berbeda dan sistem saraf tidak akan berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Beberapa Jenis Sayuran Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Akibat dari kegagalan sistem saraf adalah paresthesia atau kesemutan, lebih mirip kesemutan di tangan dan kaki.

4. Glositis atau peradangan pada lidah

Glositif bisa membuar warna dan bentuk lidah berubah. Lidah juga bisa terasa nyeri, tampak kemerahan dan membengkak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada lesi lurus dan panjang pada lidah yang meradang, yang mungkin merupakan tanda awal kekurangan vitamin B12.

Selain itu, beberapa penderita defisiensi vitamin B12 juga dapat mengalami gejala mulut lainnya, seperti sariawan, sensasi terbakar di lidah, dan mulut gatal.

5. Sesak napas

Jika Anda mengalami anemia karena kekurangan B12, Anda mungkin akan merasa sesak napas. Alasannya adalah tubuh manusia kekurangan sel darah merah yang dibutuhkan untuk mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh.

About publisher

Read All Posts By publisher