- Berita Kesehatan

Dokter Spesialis Menyarankan Untuk Cek Gula Darah Sebelum Berpuasa

ploslabs – Ramadan akan segera datang. Agar tetap berpuasa, yang terbaik adalah melakukan berbagai persiapan. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah pemeriksaan fisik khususnya pemeriksaan gula darah dan lemak darah.

Dokter Spesialis Menyarankan Untuk Cek Gula Darah Sebelum Berpuasa

Dokter spesialis penyakit dalam Imelda Maria Loho mengungkapkan, di antara keduanya, glukosa darah harus diperiksa terlebih dahulu. Selain itu, orang yang belum menjalani pemeriksaan kesehatan selama setahun penuh.

Imelda mengatakan: “Prioritasnya adalah gula darah, karena jika diabetes belum terdeteksi sebelumnya atau sebelumnya, maka bisa diobati. Orang khawatir gula darah akan turun terlalu banyak atau terlalu tinggi setelah berpuasa.”

Selain gula darah, tes kedua yang harus dilakukan pertama kali adalah memeriksa lemak atau kolesterol dalam darah. Tujuannya untuk mengetahui apakah seseorang memiliki masalah kolesterol tinggi.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah penting, sehingga puasa benar-benar dapat memberikan manfaat kesehatan yang paling besar.

Imelda mengatakan, yang menjadi masalah adalah saat berpuasa, sebagian orang cenderung mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan keseimbangan nilai gizinya, yang dapat memicu peningkatan kolesterol.

Dia berkata: “Jika hasil tes lipid darah tinggi, dia harus menjaga makanannya saat fajar dan menyalakannya agar bisa diobati.”

Hanya saja, alih-alih hanya lakukan pemeriksaan di bulan Ramadan, Imelda anjurkan untuk tetap lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

About publisher

Read All Posts By publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *