- Berita Kesehatan

8 Manfaat Minyak Zaitun yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

8 Manfaat Minyak Zaitun yang Telah Te3rbukti Secara Ilmiah – Minyak zaitun adalah minyak yang dibuat dari buah pohon zaitun, tanaman tradisional di Mediterania. Sejak lama, minyak zaitun telah digunakan untuk memasak, perawatan kecantikan, bahan bakar penerangan, dan bahkan obat-obatan. Minyak zaitun dianggap sebagai lemak sehat karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dalam minyak zaitun melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel. Untuk manfaat maksimal, pilihlah minyak zaitun extra virgin, yang mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya.

8 Manfaat Minyak Zaitun yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

ploslabs – Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyatakan bahwa satu sendok makan minyak zaitun mengandung nutrisi yang tinggi.

Ini mengandung kalori, lemak, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, polifenol, tokoferol, pitosterol, squalene, asam terpenat dan antioksidan lainnya.

Berikut 8 manfaat minyak zaitun yang terbukti secara ilmiah untuk kesegaran tubuh:

1. Melawan radikal bebas. Minyak zaitun kaya akan antioksidan kuat. Antioksidan ini dapat secara aktif mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Mengurangi peradangan. Asam lemak utama dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal, juga dikenal sebagai asam oleat. Penelitian menunjukkan bahwa asam oleat dapat mengurangi peradangan dan secara positif dapat mempengaruhi gen yang terkait dengan kanker.

3. Pencegahan Stroke Sebuah tinjauan ekstensif terhadap studi yang melibatkan 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga : Varian Covid-19 Delta Bikin Pasien Lebih Sakit lagi

4. Mencegah Penyakit Jantung Minyak zaitun extra virgin dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dengan beberapa cara.
Minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah tinggi, peradangan, dan memperbaiki struktur pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Tidak menambah berat badan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet mediterania, yang erat kaitannya dengan konsumsi minyak zaitun, memiliki efek positif pada berat badan. Dalam penelitian selama 30 bulan terhadap 7.000 siswa Spanyol, menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun tidak meningkatkan berat badan.

Baca Juga : Ini 5 Rekomendasi Aksesoris Pendukung untuk Olahraga

6. Memerangi Penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa zat dalam minyak zaitun dapat menghilangkan plak beta-amiloid di sel otak. Salah satu penyebab Alzheimer adalah pembentukan plak beta-amiloid.

7. Mengurangi risiko diabetes tipe 2. Minyak zaitun sangat efektif dalam melindungi tubuh dari diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan efek positif pada gula darah dan sensitivitas insulin.

8. Mengobati radang sendi. Minyak zaitun bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan minyak ikan, yang merupakan sumber asam lemak omega-3. Dalam satu penelitian, minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kejang dan nyeri sendi pada orang dengan rheumatoid arthritis.