- Berita Kesehatan

5 Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

5 Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru – Menjaga paru-paru Anda tetap segar adalah sesuatu yang harus Anda lakukan. Tentu saja, itu adalah organ yang sangat penting dan sangat berbahaya kecuali jika paru-paru terganggu. Ada banyak langkah untuk melindungi kesegaran paru-paru Anda, seperti berolahraga untuk diet sehat.

5 Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ploslabs – Ada banyak jenis makanan kesehatan yang sangat membantu dalam menjaga kesegaran paru-paru. Salah satunya adalah rempah-rempah. Kurang diketahui, rempah-rempah telah ditemukan memiliki jutaan kegunaan yang sangat cocok untuk pernapasan.

1. Bawang Putih

Menurut sebuah penelitian, makan bawang putih mentah baik untuk melindungi kesegaran paru-paru. Bahkan dapat mengurangi kejadian kanker paru-paru pada perokok hingga 40%.

Baca Juga : Kaya Protein, Cacing Poliket Bisa Jadi Sumber Pangan Alternatif

Selain itu, bawang putih juga berfungsi untuk mengatasi peradangan. Tidak hanya meredakan peradangan, tapi termasuk punya senyawa antiseptik yang mendukung tubuh melawan infeksi.

2. Jahe

Rasa jahe sudah sangat familiar, hanya saja jahe dikenal baik untuk paru-paru. Sensasi hangat juga sering digunakan dalam pengobatan alternatif. Bahkan jahe dipercaya digunakan sebagai obat asma. Jahe tingkatkan relaksasi otot polos saluran hawa paru-paru dan berperan dalam memicu pernapasan lebih mudah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh sel kanker di paru-paru. Tidak hanya mudah ditemukan, tetapi proses penyajiannya juga sangat mudah. Anda bisa mengubah jahe menjadi minuman panas. Minuman ini dinilai sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

3. Chili

Bumbu yang satu ini memang jarang diketahui semua orang, kecuali cabai ternyata baik untuk kesegaran paru-paru. Rempah-rempah, yang terutama digunakan hanya sebagai penambah rasa pedas dalam makanan ini, juga dapat merangsang sekresi sehat dalam tubuh yang melindungi selaput lendir.

Baca Juga : SES Bakal Luncurkan O3b mPower Pada Akhir Tahun

Ini sangat penting karena pada dasarnya paru-paru kita mengandung sejumlah besar jaringan mukosa, tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Selain itu, cabai termasuk mengandung beta-karoten, antioksidan kuat yang udah terbukti dapat meredakan tanda-tanda asma. Kandungan capsaicin yang menyebabkan rasa pedas cabai juga membantu melawan infeksi dan memperlancar aliran darah. Tentunya kondisi aliran darah yang sehat ini sangat membantu dalam menambah nutrisi pada paru-paru.

4. Kunyit

Kemudian bumbu yang bisa menyehatkan paru-paru adalah kunyit. Seperti jahe, bumbu kuning ini juga populer karena sifat anti-inflamasinya.

Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya ampuh tidak hanya dalam memerangi peradangan, tetapi juga membuat pernapasan menjadi lebih mudah. Bumbu ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan yang menyebabkan gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat dan peradangan.

5. Bawang

Jika ada bawang putih di atasnya, bumbu yang satu ini juga bagus untuk menjaga kesegaran paru-paru. Bawang besar jenis ini diduga dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kombinasi ini sangat cocok untuk menyegarkan proses cardiopulmonary.