- Berita Kesehatan

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan – Hampir semua orang tahu bahwa merokok dan makan junk food biasanya bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan sepele yang mungkin Anda miliki setiap hari juga berbahaya bagi kesehatan Anda?.

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Begadang

Tidur yang kurang bisa berbahaya bagi kesehatan. Selain membuat Anda sulit berkonsentrasi di siang hari, begadang bisa meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, dan depresi.

Kurang tidur juga membuat Anda sulit belajar dan mengingat berbagai hal. Yang terbaik adalah mengatur waktu tidur malam Anda setidaknya 7-8 jam.

2. Mendengarkan musik terlalu keras

Apakah Anda suka mendengarkan lagu dengan volume keras melalui headphone? Kami menyarankan Anda untuk menurunkan volume musik yang Anda atur sekarang di bawah 75.

Mengutip WebMD, ini dilakukan untuk melindungi pendengaran Anda. Seiring bertambahnya usia, peluang terjadinya gangguan pendengaran semakin meningkat, terutama bila Anda sering memutar banyak musik secara terus menerus selama beberapa jam.

Kehilangan pendengaran pada orang dewasa juga dapat menyebabkan kesulitan berpikir dan hilangnya jaringan otak.

3. Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Kebiasaan ini mungkin saja tanpa disadari sebelum tidur kita lakukan. Padahal, online atau mengobrol dengan teman sebelum tidur bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone, komputer, atau TV Anda dapat mengganggu tidur Anda. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu banyak jenis cahaya pada malam hari dapat menyebabkan kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Studi yang sama juga mengatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Sebaiknya hindari menggunakan perangkat satu jam sebelum tidur. Anda bisa membaca buku sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Duduk terlalu lama

Di zaman modern ini, kebanyakan masalah pekerjaan adalah terlalu banyak duduk, Anda boleh duduk di kantor selama 6-7 jam sehari, menatap layar komputer hingga pekerjaan selesai. Duduk juga menjadi kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan.

Kondisi ini bisa menurunkan kerja metabolisme Anda, sehingga berat badan Anda bisa bertambah. Duduk terlalu lama juga bisa memengaruhi kerja jantung.

Agar tidak menderita berbagai gangguan kesehatan tersebut, Anda bisa meluangkan waktu 10 menit untuk melakukan peregangan atau berjalan di antara jam kerja. Selain itu, jika gedung kantor Anda bertingkat, Anda dapat menggunakan tangga sebagai pengganti eskalator untuk menggerakkan tubuh Anda.

5. Terlalu banyak menonton TV

Menurut The Healthy, menonton TV terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan. Semakin sedikit aktivitas fisik yang Anda lakukan, semakin besar kemungkinan Anda terkena diabetes. Menonton TV terlalu lama juga bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi dan mengingat berbagai hal.

Usahakan untuk mengatur waktu menonton TV menjadi maksimal 2 jam per hari. Kemudian lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan tetap sehat sepanjang hari.

About publisher

Read All Posts By publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *