- Berita Kesehatan

4 Cara Menangani Luka Tembak Yang Tepat Untuk Pertolongan Pertama

ploslabs – Kebanyakan orang hampir tidak pernah berurusan dengan luka tembak. Namun, mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama untuk luka tembak tidak akan memperburuk kondisi atau membantu.

4 Cara Menangani Luka Tembak Yang Tepat Untuk Pertolongan Pertama

Luka tembak disebabkan oleh peluru tajam atau proyektil lain yang mengenai tubuh. Menurut National Library of Medicine, luka tembak dapat menyebabkan cedera serius, seperti pendarahan hebat, kerusakan organ dan jaringan, patah tulang, kelumpuhan, dan kematian.

Tingkat kerusakan tubuh tergantung pada lokasi cedera, kecepatan peluru, dan jenis peluru yang ditembakkan. Luka tembak di kepala atau tubuh lebih serius daripada cedera tangan atau kaki.

Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami luka tembak, ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai tindakan pertolongan pertama.

1. Hubungi pusat medis

Hubungi pusat medis dan ikuti instruksi dari petugas polisi. Orang yang selamat dari luka tembak sangat bergantung pada kecepatan perawatan medis yang dilakukan. Menurut laporan Very Well Health, idealnya korban tembak-menembak harus dibawa ke rumah sakit dengan ambulans dalam waktu kurang dari 10 menit setelah ditembak.

2. Hentikan pendarahan

Biasanya, staf medis akan meminta Anda untuk mencoba menghentikan pendarahan. Anda juga harus tetap diam dan menghentikan pendarahan dengan memberikan sedikit tekanan pada area luka yang berdarah.

Ini untuk mencegah lebih banyak darah mengalir keluar, yang akan membuat darah Anda tidak mencukupi atau kekurangan darah

Anda dapat membungkus luka dengan kain kasa, handuk, atau kain bersih lainnya untuk mencegah keluarnya banyak darah.

Jika Anda seorang ahli atau tenaga medis, Anda mungkin memiliki alat tourniquet yang dapat membantu mengecilkan dan mengompres bagian tubuh tertentu. Gunakan tourniquet di area luka agar setidaknya pendarahan bisa dihentikan.

3. Perban luka

Sebagai tindakan pertolongan pertama, jika Anda atau orang lain terkena tembakan atau tusukan di bagian dada, segera bungkus dengan plastik atau kain bersih. Pastikan juga plastik atau kain yang Anda gunakan tetap bersih.

Jenis plastik yang ketat tertentu dapat mencegah udara tersedot ke dalam luka, sehingga tidak ada udara yang boleh masuk kecuali melalui hidung dan mulut.

Sebagai catatan, tembakan di bagian dada bisa berakibat fatal karena kemungkinan besar mengenai organ vital. Segera hubungi agen layanan medis terdekat agar Anda bisa mendapatkan penanganan secepatnya.

4. Tetap berbaring atau duduk

Jika kaki lebih tinggi dari badan, luka di atas pinggang (seperti perut atau dada) akan lebih cepat mengeluarkan darah. Posisi ini juga akan membuat Anda kesulitan bernapas.

Jika Anda tertembak di dada atau perut, cobalah berbaring dengan posisi nyaman atau setengah berbaring. Juga, pastikan untuk tetap sadar sampai Anda mendapatkan bantuan medis.

Jika tidak ditangani dengan serius, luka tembak bisa berakibat fatal. Meskipun Anda dapat memberikan pertolongan pertama pada luka tembak, yang terbaik adalah segera mencari pertolongan medis.

Di Indonesia, Anda dapat menghubungi call center 112 dalam keadaan darurat atau 118 untuk layanan darurat.

About publisher

Read All Posts By publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *